1. Gambaran Usaha
Usaha
kami bergerak dalam bidang jual beli aci kawung baik basah maupun kering yang
terletak di Bantarujeg Majalengka. Usaha kami dibentuk berdasarkan kerjasama
antara kami dengan pabrik-pabrik penggilingan kawung disekitar Bantarujeg.
Berikut kami sajikan pabrik-pabrik yang sudah bekerjasama dengan kami.
No
|
Nama Pabrik
|
Kapasitas Max
(ton/bulan)
|
1.
|
Pabrik Pk. Iwan
|
15
|
2.
|
Pabrik Pk. Nurdin
|
15
|
3.
|
Pabrik Pk. Ali
|
1
|
Total
|
31
|
Kerjasama
tersebut baru berjalan selama 5 bulan.
2. Aspek Pemasaran
Dalam
pemasarannya usaha kami tidak banyak menemui kendala, karena sebelumnya kami
sudah melakukan survey pasar, selain itu juga kami mengisi pasar yang sudah
biasa dilakukan oleh pabrik, kami hanya menambah volume pengiriman. Berikut kami
sajikan dalam bentuk tabel nama dan kebutuhan akan produk aci kawung pada setiap
pelanggan kami (customer).
No
|
Nama Customer
|
Kebutuhan (ton/bulan)
|
Pengiriman (ton/bulan)
|
||
kering
|
basah
|
Kering
|
basah
|
||
1.
|
Bpk. Young (Garut)
|
50
|
-
|
-
|
-
|
2.
|
Bpk. Hery (Ciamis)
|
-
|
20
|
-
|
6
|
3.
|
Bpk. II (Ciamis)
|
-
|
20
|
-
|
6
|
4.
|
Bpk. Oyo
|
-
|
10
|
-
|
3
|
5.
|
Ibu fety
|
4
|
-
|
1
|
-
|
6.
|
Bpk. Hery (Bantarujeg)
|
1
|
-
|
0,5
|
-
|
Total
|
55
|
100
|
1,5
|
15
|
|
Dari tabel terlihat bahwa kami masih
sangat minim dalam pengiriman yakni pada aci basah kami hanya bisa memasok sekitar 15 ton/bulan sedangkan kebutuhan hingga
mencapai 100 ton/bulan, sedangkan pada aci kering kami baru bisa memasok
sekitar 1,5 ton/bulan tetapi kebutuhan hingga mencapai 55 ton/ bulan. Berdasarkan peluang tersebut
kami berniat untuk terus mengembangkan usaha kami.
3. Aspek teknis
Untuk menjakau
peluang tersebut kami berniat
mengembangkan usaha kami yaitu dengan jalan mengikat pabrik-pabrik yang
sudah ada (pabrik Pk. Iwan, pabrik Pk Nurdin dan pabrik Pk. Ali) dan mengontrak
pabrik Bpk. Oleh di Malongbong dengan perkiraan kapasitas 13 ton
kering/bulan. Secara teknis kami membutuhkan biaya investasi dan modal kerja
dengan perincian biaya sebagai berikut :
a. Biaya investasi
Biaya investasi adalah modal tetap yang digunakan untuk mengikat pabrik.
No
|
Nama
Pabrik
|
Nominal Ikatan
(Rp)
|
1.
|
Pabrik Pk. Iwan
|
20.000.000
|
2.
|
Pabrik Pk. Nurdin
|
20.000.000
|
3.
|
Pabrik Pk. Ali
|
10.000.000
|
4.
|
Pabrik
Pk. Oleh
|
30.000.000
|
Total
|
80.00.000
|
b. Modal Kerja
Modal
kerja adalah biaya yang dikeluarkan untuk operasional pabrik dalam satu bulan.
No
|
Uraian
|
Qty
|
Um
|
Harga (Rp)
|
1.
|
Pembelian
aci basah
|
20
|
ton
|
44.000.000
|
2.
|
Upah
Tk. Pencucian
|
2
|
org
|
2.800.000
|
3.
|
Upah
Tk. Penjemuran
|
2
|
org
|
2.800.000
|
4.
|
Upah
management
|
2
|
org
|
3.000.000
|
5.
|
Solar
|
100
|
ltr
|
2.000.000
|
6.
|
Distribution
cost
|
5
|
rit
|
3.000.000
|
Total
|
57.600.000
|
Jadi modal yang diperlukan adalah
Rp. 80.000.000 + Rp. 57.600.000 = Rp. 137.600.000
4.
Perkiraan Profit (keuntungan)
A.
Perkiraan Benefit untuk pabrik yang
telah diikat
No
|
Nama Customer
|
Kapasitas
(ton/bulan)
|
Harga
beli
(Rp)
|
Harga
jual
(Rp)
|
Margin
(Rp)
|
1.
|
Pabrik Pk. Iwan
|
15
|
37.500.000
|
40.500.000
|
3.000.000
|
2.
|
Pabrik Pk. Nurdin
|
15
|
37.500.000
|
40.500.000
|
3.000.000
|
3.
|
Pabrik Pk. Ali
|
1
|
2.500.000
|
2.700.000
|
200.000
|
Total
|
31
|
6.200.000
|
B.
Perkiraan Benefit untuk pabrik yang
dikontrak
No
|
Jenis Pengeluaran
|
Qty
|
Um
|
Harga (Rp)
|
1.
|
Pembelian
aci basah
|
20
|
ton
|
44.000.000
|
2.
|
Upah
Tk. Pencucian
|
2
|
org
|
2.800.000
|
3.
|
Upah
Tk. Penjemuran
|
2
|
org
|
2.800.000
|
4.
|
Upah
management
|
2
|
org
|
3.000.000
|
5.
|
Solar
|
100
|
ltr
|
2.000.000
|
6.
|
Distribution
cost
|
5
|
rit
|
3.000.000
|
Total
|
57.600.000
|
20 ton aci
basah menjadi 13 ton aci kering
Harga aci
kering Rp. 5.000/kg
Margin =
(13.000 kg x Rp. 5.000) – Rp 57.600.000
= Rp 65.000.000 – Rp 57.600.000
= Rp 7.400.000
Jadi total laba yang diterima adalah Rp 6.200.000 + Rp. 7.400.000 = Rp.
15.600.000/bulan

No comments:
Post a Comment